hmm..mungkin tempat ini sudah kurang populer di kalangan wisatawan. Bisa saja karena tempatnya yang sangat jauuuuhhh dari pusat Kota Malang bisa juga karena berjalannya waktu. Namun menurut kami, tempat ini masih sangat recommended untuk dijadikan obyek wisata.

And, yep.. Pantai Balekambang terletak di Kecamatan Bantur ± 65 km, sebelah selatan kota Malang. Pantai ini dapat dicapai melalui Kecamatan Gondanglegi dan Kecamatan Bantur, dilanjutkan ke Desa Srigonco. Perjalanan ini dapat pula dicapai melalui Kecamatan Kepanjen, Kecamatan Pagak belok ke kiri ke arah KecamatanBantur. Pantai Balekambang ini cukup menawan.

Wisata pantai Balekambang dikelola oleh Pemkab malang yang menjamin fasilitas dan informasi seputar pantai termasuk area aman dan berbahaya, termasuk penjaga pantainya. Untuk masuk tempat wisata ini anda akan dikenakan biaya masuk 8 ribu rupiah. Didalamnya banyak tersedia fasilitas yang cukup baik, antara lain tempat parkir yang luas, penginapan, villa, warung warung yang selalu ramai menyediakan makanan, beserta wisata pantai tentunya. akan tetapi jika anda ingin wisata menyelam, anda bisa nerjalan menuju wisata yang tidak jauh dari wisata bale kambang yaitu kondang merak, yang terletak di sebelah barat balekambang, disana menyediakan fasilitas menyelam. Pantai landai ini dipenuhi dengan karang laut, yang membentang sepanjang 2 km dengan lebar 200 meter ke arah laut, sewaktu air laut surut tampak di atas air dan disela-selanya disela-selanya ta satwa laut lain yang beraneka ragam.

Di lepas pantai nampak tiga buah pulau berjajar ke arah barat, Pulau Ismoyo, pulau Anoman dan Pulau Wisanggeni. Pulau Ismoyo berdiri megah sebuah Pura, tempat tersebut dihubungkan oleh sebuah jembatan setapak dengan lebar 1,5 meter. Pada bulan Suro, Pantai Balekambang cukup ramai di datangi wisataman baik dari dalam negeri maupun mancanegara. Ada acara yang khusus di Pantai Balekambang ini yaitu Upacara Surohan (Suro’an) dan Upacara Jalanidhi Puja.

Perjalanan mencapai pantai ini paling dekat ditempuh dari kota malang, bisa dengan angkutan umum maupun kendaraan pribadi. Untuk kendaraan pribadi bisa menyingkat waktu tempuh hingga 2 jam dari kota malang, angkutan umum lama karena jarang angkutan umum yang ada disini sehingga menunggu angkutan bisa mencapai 1 jam lebih. Rute perjalanan adalah dari malang ke Terminal Gadang, Bantur terus ke Balekambang, lumayan oper 3 kali. Selamat memiliki perjalanan menyenangkan.🙂

sumber : http://students.ukdw.ac.id/~22012688/Balekambang.htm

http://malangrayaonline.blogspot.com/

http://www.google.co.id/images?um=1&hl=id&tbs=isch%3A1&sa=1&q=balekambang+malang&aq=f&aqi=&aql=&oq=&gs_rfai=