Kebun teh Wonosari merupakan kebun teh pertama yang dikonsep menjadi wisata kebun. Ide ini muncul dari almahrum Ir Drs Soebiarto MM, mantan Direktur Sumber Daya Manusia (SDM) Direksi PTPN XII pada Tahun 1998.

Lokasi kebun teh Wonosari ini terletak kurang lebih 30 km arah utara kota Malang, dari Kecamatan Lawang, tepatnya di kaki Gunung Arjuno. Akses ke tempat ini cukup mudah. Jika tidak membawa kendaraan pribadi Anda bisa menggunakan angkutan umum dari kota Malang ke arah Surabaya. Jika sampai di terminal Lawang, Anda harus oper ke angkutan yang khusus menuju Wonosari. Selain ada angkutan khusus, ada juga mobil carteran, biasanya tarif yang dikenakan untuk sekali jalan adalah Rp 25.000,00.

Setelah sampai dan mulai memasuki kawasan ini, kesegaran udara akan terasa sekali. Harga tiket masuk nya 5ribu rupiah per orang dan biaya parkir nya 2500 rupiah. Dengan membayar sekian, Anda sudah bisa menikmati keindahan dan kekayaan alam di tempat ini. Tak heran sangat banyak wisatawan yang datang ke tempat ini, termasuk banyak orang Belanda dan wisatawan asing lainnya yang datang dan tinggal cukup lama di sini. Selain melalukan tea walk, para wisatawan asing lebih mengutamakan untuk mengunjungi pabrik teh yang di bangun pada zaman Belanda. Kadang mereka minum teh langsung dari pabriknya dan membawa pulang teh olahan dari Wonosari.

Banyak juga klub klub komunitas Hash House Harrier yang rutin datang untuk melakukan tea walk di kebun teh, dan mereka ini kadang menjadikan kebun teh ini sebagai tempat kegiatan rutin komunitasnya. Selain itu sejumlah sekolah dan universitas di Jawa Timur seringkali mengadakan kegiatan di tempat ini dan juga dijadikan sebagai arena camping dan kegiatan olahraga lainnya. Kadangkala banyak juga pendaki yang melakukan pendakian ke Gunung Arjuno, di sisi barat kebun yang berjarak sekitar 25 kilometer.

Keindahan alam di kawasan ini memang sangat menggoda siapa pun untuk menjelajahi seluruh kawasan. Banyak wisatawan baik lokal maupun asing tidak puas hanya sehari untuk menjelajahi kawasan ini. Ada yang sampai satu minggu tinggal disini.Karena selain menjual keindahan alam, agrowisata kebun teh Wonosari ini juga menyediakan berbagai fasilitas wisata seperti pemandian, hotel, dan pabrik teh.

Anda tertarik untuk mengunjungi nya? Silakan dicoba.

sumber : http://navigasi.net/goart.php?a=ffwnsari

http://www.google.co.id/images?um=1&hl=id&q=kebun%20teh%20wonosari&ie=UTF-8&source=og&sa=N&tab=wi