Bagi Anda yang suka hiking? Jalan – jalan menelusuri alam, naik gunung, dan melakukan aktivitas outbond? Bukit Panderman lah yang cocok untuk Anda bila Anda sedang ingin melakukan hal demikian di Malang. Nama Panderman diambil dari petinggi Belanda, Van der Mann, yang dulu pernah tinggal di kawasan Batu, Malang. Akses nya cukup mudah bagi Anda yang belum mengenal atau hafal jalan di Kota Batu ini. Anda bisa naik bus jurusan Jombang – Kediri dari Terminal Landung Sari, Malang. Lalu katakan kepada kernet Anda akan turun di daerah yang disebut Srebet (Batu). Sebenarnya bus itu akan berhenti mangkal di Taman Makan Pahlawan Kota Batu (TMP Batu). Anda juga bisa turun di sana dan meneruskan perjalanan dengan berjalan kaki.

ini dia bukit Panderman

Tentu saja Anda perlu membawa peralatan kemah bila Anda merencanakan untuk tidak menginap di penginapan. Takut nyasar? Tidak perlu cemas, banyak warga setempat yang siap memberi petunjuk kepada Anda untuk mencapai puncak bukit Panderman ini. Malahan, dalam perjalanan Anda di sana, Anda akan sering menemui orang – orang lokal yang bekerja sebagai petani.

bunga mawar yang tumbuh di sana

suasana kalo camping

Jika sudah sampai, Anda bisa membangun tenda, dan mulai menghangatkan badan. Lalu Anda bisa menikmati keindahan pemandangan pada siang dan malam hari. Sekedar saran, jika Anda berkunjung ke sana pada waktu musim hujan, menginaplah di penginapan, karena jika Anda tetap menginap di dalam tenda yang Anda bangun kelembaban tanah akan sangat menyulitkan Anda. Lalu bawa lah pakaian hangat, dan lotion anti nyamuk bila Anda menginap tidak di penginapan.

view kalo pagi

view malam hari

Penasaran bukan? Sangat menyenangkan bagi Anda yang menyukai aktivitas outbond. So tunggu apa lagi. Sudah menyenangkan, berkesan, gratis lagi (kalo tidak menginap di penginapan sih gratis). Selamat bersenang – senang.🙂

sumber  :    http://www.google.co.id/images?q=panderman&um=1&hl=id&tbs=isch:1&sa=N&start=18&ndsp=18